Film : WAGE (2017). Dibalik Lagu Terpopuler Sepanjang Masa di Indonesia. “Indonesia Raya”

Film drama biografi Indonesia berjudul “Wage” ini merupakan film yang menceritakan tentang kisah dari nasionalisme dan lagu kebangsaan dari Republik Indonesia, Indonesia Raya yang merupakan lagu nasional dan identitas bangsa RI semenjak mula pertama berkumandang bersamaan dengan bergemanya dari ikrar Sumpah Pemuda.

Pada 28 Oktober 1928, awal momentum dari perwujudan dari kebangkitan kesadaran perlawanan terhadap para penjajah secaa nasional yaitu dengan kesadaran untuk melawan para penjajah secara bersama-sama sebagai satu bangsa, Indonesia Raya dan tidak lagi berbasis terhadap kedaerahan dan kesukuan maupun keagamaan.

Dengan daya pembangkit dari kesadaran kebangsaan yang terkandung dalam lagu nasional Indonesia Raya dan Sumpah Pemuda yang lahir secara bersamaan pada 28 Oktober 1928. Seorang pemuda bernama Wage Rudolf Soepratman, kelahiran Somongari, Purworejo, 19 Maret 1903, berikrar dengan semangat membara pada dirinya dengan berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dengan lagu dan biolanya serta akan terlibat secara langsung dalam pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Somongori yang tidak lain merupakan desa yang diyakini dibuka oleh sisa-sisa laskar pasukan Pangeran Diponegoro, perdikan yang masih tetap terus mengobarkan semangat untuk melawan penindasan para penjajah. Darah dari para pejuang itu bisa menjadi memberi semangat kepada Wage Rudolf Soepratman ketika mengambil keputusan untuk meninggalkan semua kemewahan yang dimiliki di Makasaar dan kembali ke Jawa.

Dengan semangat membara itu yang mengantar Wage Rudolf Soepratman melibatkan diri secara langsung dalam pergerakan kemerdekaan di Jawa dan menjadi jurnalis yang mewakili penderitaan suara rakyat kecil dan memasuki ruang rapat dari organasisi pemuda serta terlibat dalam arena pergerakan kebangsaan terutama mengubah lagu-lagu perjuangan untuk menggelorakan semangat perlawanan rakyat. ‘Dari Barat sampai ke Timur’, ‘Indonesia Wahai Ibuku’, ‘Di Timur Matahari’ dan ‘R.A. Kartini’ merupakan sebagian di antara lagu-lagi perjuangan gubahan Wage Rudolf Soepratman. Lalu dengan puncak dari segal karya lagu yang diciptakan adalah lagu kebangsaan dan nasional Republik Indonesia yaitu ‘Indonesia Raya’.

Jadwal Tayang :
– Movie Tayang: November 2017
– Movie Theaters: 09 November 2017
– Genre: Drama, Biografi
– Companies: Opshid Media Untuk Indonesia Raya

Trailer Film Wage 2017 :

Share This: