Bendera Indonesia Dikibarkan Saat Aksi Rakyat Palestina di Gaza

Masyarakat Palestina mengapresiasi perjuangan diplomasi Indonesia terhadap negaranya. Salah satu bentuk penghargaan adalah pengibaran bendera merah putih di tanah Gaza.

Video berkibarnya bendera Indonesia di Gaza diposting oleh akun twitter @akjailani. Pemilik akun tersebut Abdulkadir Jailani diketahui saat ini menjabat sebagai Konsulat Jenderal RI untuk New York.

“Bendera Indonesia dikibarkan dalam aksi rakyat Palestina di Gaza,” sebut Abdulkadir dalam twitter yang disertai dengan sebuah video singkat.

Di video tersebut terlihat seorang warga Palestina mengibarkan sang saka merah putih bersama bendera Palestina.
Aksi Indonesia membela Palestina sangat terlihat usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Sesaat setelah pengakuan, dalam pertemuan tingkat menteri Bali Democracy Forum (BDF) di Serpong Banten, Menlu Retno Marsudi membuka pertemuan dengan mengenakan syal Palestina. Pengenaan syal itu disebutkan Retno sebagai bentuk dukungan RI terhadap perjuangan Palestina.

Tidak cuma itu, Presiden Joko Widodo yang ikut dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) darurat negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengecam putusan Trump. Jokowi memandang langkah Trump berpotensi merusak solusi dua negara Israel-Palestina yang belum mencapai kata sepakat.

Share This: