Bettie Bee, Si Kucing Kecil yang Dilahirkan dengan Fisik Bermuka Dua

Bettie Bee adalah seekor kucing bermuka dua. Bermuka dua di sini bukan berarti ia suka membicarakan orang diam-diam, tapi benar-benar memiliki dua muka.

Bettie Bee lahir di Eastern Cape, Afrika Selatan, bersama dengan dua saudara kandung lainnya. Tidak seperti saudaranya, Bettie Bee punya keistimewaan. Ia terlahir dengan dua hidung, dua mulut, dan tiga mata yang menempel di wajahnya.

Kucing kecil ini terlihat sehat, namun sebenarnya ia memiliki risiko kekurangan gizi. Ketika diselamatkan oleh seseorang yang tak disebutkan namanya, Bettie Bee langsung diberi susu dengan menggunakan selang khusus. Ia bisa minum susu dari kedua mulutnya.

Kondisi yang dialami oleh Bettie Bee disebut sebagai cacat duplikasi wajah (craniofacial duplication), atau nama ilmiahnya Diprosopus. Hewan berkepala dua biasanya memiliki struktur wajah yang sama karena kembar siam, sementara makhluk berwajah dua memiliki rupa yang berbeda.

Sebuah protein yang disebut sebagai Sonic Hedgehog Homolog (SHH) memberikan sinyal kepada gen untuk mengendalikan lebar wajah. Bila SHH ini tidak normal, lebar wajah menjadi tidak terkendali dan menyebabkan bagian-bagian seperti mata, hidung, dan mulut tumbuh lagi.

Abnormal SHH juga bisa membuat wajah menjadi terlalu sempit yang disebut cyclopia. Kondisi ini bisa menyebabkan hewan hanya memiliki satu mata, seperti kasus kucing mata satu di Indonesia pada Mei lalu.

Fenomena seperti ini bisa terjadi pada hewan mamalia lain, seperti kambing atau sapi. Tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga bisa terjadi pada manusia.

Yang mengejutkan adalah Bettie Bee bisa hidup dengan sehat sampai saat ini. Biasanya otak yang dimiliki pengidap cranoficial tidak dapat bekerja dengan normal sehingga mereka sulit bernafas atau makan.

“Dia dalam kondisi sehat dan tumbuh seperti kucing normal,” kata penyelamatnya dilansir Newsweek. “Dia sudah dibawa ke dokter hewan sejak berusia satu hari. Kami akan membawanya lagi untuk meninjau dan lain sebagainya ketika dia sudah besar nanti.”

Kisah Bettie Bee menjadi populer, sehingga pemiliknya memutuskan untuk membuat akun Facebook untuknya.

Share This: