Kereta Api Menuju Bandara Soetta di Buka Untuk Umum Hari Ini. Inilah Rute & jadwal Keberangkatan.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menguji coba kereta Bandara Soekarno Hatta, Selasa (26/12/2017) hingga awal Januari 2018.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, uji coba itu merupakan perintah langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Rencananya, operasional kereta bandara akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2 Januari 2018.

“Kereta bandara pertama berangkat dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) pukul 03.40 WIB,” kata Edi dalam jumpa pers di Stasiun Gambir, Senin (25/12/2017) malam.

Selama uji coba, PT KAI telah menetapkan harga tiket yang bisa dibeli warga, yakni Rp 30.000. Tidak ada alasan khusus atas penetapan harga tersebut.

“Kalau untuk harga Rp 30.000 ini memang karena uji coba dan tidak ada hitung-hitungan spesifiknya. Ini semua biar pelanggan tahu dan bisa kasih feedback ke kita sebelum benar-benar beroperasi awal Januari nanti,” katanya.

Di sisi lain, Edi masih belum mengetahui harga tiket kereta bandara yang resmi akan ditetapkan. Harga tiket menjadi satu hal yang masih dikaji matang.

“Intinya kami mau harganya sekompetitif mungkin, supaya orang juga mau naik (kereta bandara). Ini kan tujuannya baik, mengurangi lalu lintas mobil yang mau masuk ke bandara,” ujar Edi.

Selama uji coba, warga dapat membeli tiket secara langsung di stasiun keberangkatan atau membelinya secara online via aplikasi Railink yang dapat diunduh di Android atau iOs.

PT KAI menyediakan 42 perjalanan kereta bandara selama uji coba. Sebanyak 21 perjalanan dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) ke Stasiun Bandara Soekarno Hatta dan 21 perjalanan dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta ke Stasiun Sudirman Baru.

“Kereta bandara pertama berangkat dari Stasiun Sudirman Baru pukul 03.40 WIB. Kereta bandara pertama berangkat dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta pukul 06.10 WIB,” kata Edi.

Sementara perjalanan terakhir kereta bandara dari Stasiun Sudirman Baru berangkat pukul 21.40 WIB dan kereta terakhir dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta pukul 23.10 WIB.

Waktu tempuh perjalanan kereta bandara diperkirakan sekitar 50 menit dengan menempuh rute sementara Stasiun Sudirman Baru kemudian berhenti di Stasiun Batuceper untuk menaikkan penumpang lagi dan langsung ke Stasiun Bandara Soekarno Hatta.

“Besok (hari ini) sekali perjalanan itu ada enam kereta atau gerbong dengan kapasitas 272 orang. Untuk koneksitasnya, kami sudah kerjasama dengan Angkasa Pura, jadi begitu kereta berhenti di bandara langsung bisa naik Sky Train menuju terminal-terminal di bandara. Maka buat masyarakat silakan mencoba kereta bandara mulai jam 3.40,” ujarnya.

Warga dapat mengecek jadwal keberangkatan dengan mengakses www.railink.co.id atau mengikuti akun Twitter @kabandara.

Share This: