14 Bulan, 16 Kepala Daerah di Tangkap KPK. Kali ini Bupati Subang Terjaring OTT KPK

Bupati Subang Imas Aryumningsih ditetapkan sebagai tersangka penerima suap izin pembangunan pabrik di Kabupaten Subang. Dia dijanjikan menerima commitment fee sebesar Rp 4,5 miliar.
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menuturkan, saat penangkapan terjadi, Imas baru menerima Rp 337 juta. Uang itu diamankan dari lokasi, tempat, waktu, dan orang berbeda. Adapun, saat bertransaksi, mereka menggunakan kode suap ‘Itunya’.

“Yang merujuk pada uang yang diserahkan,” ujar Basaria dalam konferensi pers di Gedung KPK, Rabu (14/2).
Selain Imas, KPK juga menetapkan Kabid perizinan Dinas DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Asep Santika dan seorang pihak swasta, Data, sebagai tersangka. Seorang pengusaha bernama Miftahhudin juga ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap.

Sementara uang Rp 337 juta itu, diamankan dalam tiga tahap. Saat operasi tangkap tangan terjadi pada Selasa (13/2), KPK mulai bergerak ke rest area Tol Cileunyi untuk mengamankan Data selaku penerima suap.
Pada saat yang sama, penyidik bergerak ke Subang, mengamankan Imas bersama dua ajudan dan sopir.

“Lalu tim amankan ASP (Asep) dan S (Sutiyana) di kediaman masing-masing sekitar pukul 01.30 WIB dini hari, dari ASP (Asep) diamankan Rp 225 juta, dari S (Sutiyana) Rp 50 juta,” kata Basaria.

Atas perbuatannya, Imas, Asep, dan Data sebagai pihak diduga penerima suap dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sementara Miftahhudin, dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Entah apa yang sedang terjadi pada negeri ini. Seperti semakin sulit saja mencari sosok negarawan yang duduk di dalam sistem pemerintahan. Terlebih ketika melihat fakta di lapangan tentang banyaknya kepala daerah yang terjerat kasus suap.

Mulai dari wali kota, bupati hingga gubernur, satu persatu mereka berurusan dengan KPK. Kasus dan nominalnya beragam, seperti kasus suap untuk proyek jalan bernilai ratusan juta hingga kasus suap proyek rumah sakit yang bernilai miliaran rupiah.

Kasus terbaru, Bupati Subang, Imas Aryumningsih terciduk KPK dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT), Rabu (14/2). Ia diduga menerima suap terkait sejumlah proyek. Rupanya Imas bukanlah Bupati Subang pertama yang diciduk KPK.
Tak hanya itu, yang lebih memprihatinkan, dalam 14 bulan terakhir, KPK telah menangkap 18 kepala daerah dari berbagai wilayah di Indonesia.

Share This: