Argentina Kalah atas Perancis 3-4 di Pertandingan Babak 16 Besar

Hasil pertandingan Prancis melawan Argentina dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018, Sabtu (30/6). Prancis menang dengan skor akhir 4-3.

Pertandingan berjalan dalam tempo sedang di menit-menit awal babak pertama. Kedua tim terlihat lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah. Sebuah percobaan dilakukan pemain sayap Argentina Angel Di Maria di menit ke-empat, tapi tembakannya melayang jauh dari sasaran.

Pertandingan baru mulai menarik begitu memasuki menit ketujuh ketika Prancis mulai melakukan serangan dengan mengandalkan kecepatan bintang muda mereka Kylian Mbappe.

Menit ke-8 Prancis nyaris memimpin lebih dulu. Sayang tembakan Antoine Griezmann dari tendangan bebas masih menerpa mistar. Hadiah tendangan bebas itu didapat setelah Kylian Mbappe dilanggar oleh Javier Mascherano.

Prancis akhirnya benar-benar unggul di menit ke-12 melalui titik putih. Kali ini Griezmann yang jadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna untuk mengantarkan Prancis unggul 1-0.

Penalti didapat Prancis setelah Mbappe yang melakukan solo run dari tengah lapangan harus dijatuhkan oleh Marcos Rojo di dalam kotak terlarang. Wasit langsung menunjuk titik putih dan memberikan kartu kuning kepada Rojo.

Kecerobohan lini pertahanan Argentina nyaris kembali berbuah malapetaka di menit ke-20. Nicolas Tagliafico mengganjal jatuh Mbappe yang menerobos ke dalam kotak penalti. Beruntung pelanggaran itu terjadi sedikit di luar kotak penalti sehingga hanya menghasilkan tendangan bebas yang gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Paul Pogba.

Setelah ketinggalan satu gol, Argentina berusaha melakukan tekanan untuk mengejar ketinggalan. Tim Tango mendominasi penguasaan bola sebesar 60 persen. Tapi mereka masih kseulitan menembus pertahanan kokoh Prancis.

Pelan tapi pasti, Argentina akhirnya berhasil menyamakan kedudukan jadi 1-1 di menit ke-41. Angel di Maria yang berdiri bebas di luar kotak penalti, sukses meneruskan bola sodoran Ever Banega dengan tembakan keras kaki kiri mengarah ke pojok kiri atas gawang Prancis dan gol.

Tak ada gol tambahan tercipta hingga peluit akhir babak pertama berbunyi. Kedua tim turun minum dengan kedudukan imbang 1-1.

Memasuki babak kedua, Argentina melakukan pergantian pemain. Marcos Rojo yang cedera digantikan oleh Nicolas Tagliafico.

Argentina memimpin 2-1 di menit ke-48. Bola tembakan Lionel Messi dari dalam kotak penalti membentur kaki Gabriel Mercado sehingga berbelok arah dan mengecoh kiper Hugo Lloris.

Prancis berhasil menyamakan kedudukan jadi 2-2 di menit ke-57 melalui tembakan keras Benjamin Pavard yang menyambar bola umpan silang dari Lucas Hernandez.

Prancis berbalik unggul jadi 3-2 di menit ke-64. Kali ini Kylian Mbappe mencatatkan namanya di papan skor setelah tembakan kaki kirinya dari sisi kanan gawang tak mampu dibendung kiper Argentina Franco Armani.

Berada di atas angin, Prancis memperbesar keunggulan jadi 4-2 di menit ke-69. Kembali Kylian Mbappe mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kali setelah dia berhasil memaksimalkan umpan sodoran Giroud.

Argentina sukses memperkecil kekalahan jadi 3-4 di masa injury time (90+3) melalui gol yang dicetak Sergio Aguero. Tapi sisa waktu yang sedikit tak mampu menolong Argentina untuk mencetak gol lagi guna menyamakan kedudukan.

Susunan pemain:

Prancis: Hugo Lloris, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez, Benjamin Pavard, Paul Pogba, N’Golo Kante, Blaise Matuidi, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Olivier Giroud.

Argentina: Franco Armani, Nicolas Tagliafico, Marcos Rojo, Nicolas Otamendi, Gabriel Mercado, Enzo Perez, Javier Mascherano, Ever Banega, Angel Di Maria, Lionel Messi, Cristian Pavon.

Share This: